grosir jas lab - konveksi jas lab

Prospek Kerja Farmasi

Ada banyak prospek kerja farmasi yang masih bisa kita gali. Prospek usaha farmasi juga terbuka luas dan masih dapat kita kembangkan.

Beberapa contohnya misalkan menjadi apoteker di apotek, apoteker di rumah sakit, memiliki usaha apotek sendiri, bekerja menjadi supervisor produksi obat-obatan, menjadi quality control, Quality assurance dan sangat luas.

Berikut adalah beberapa peluang atau prospek yang perlu diketahui oleh mahasiswa atau mahasiswi farmasi atau pelajar yang memiliki keinginan masuk ke jurusan farmasi.

Tidak ada salahnya menjadi farmasis. Apalagi farmasis berilmu dan berattitude. Peluangnya tidak terbatas. Bagikan postingan ini ke teman-teman kamu jika bermanfaat.

Peluang Kerja Farmasi

Sebelum lebih lanjut, farmasi dalam pendidikannya dibagi menjadi 2 jurusan, yaitu:

  • farmasi klinis

    Berfokus pada pelayanan kesehatan. Mulai dari peracikan obat (termasuk mempelajari resep obat) hingga psikologi menghadapi pelanggan atau pasien.

    Di sini pun diajarkan manajemen apotek dan manajemen rumah sakit. Jika punya keinginan membuka apotek atau rumah sakit sendiri, maka jurusan ini cocok buat kamu.
  • farmasi industri

    Berfokus pada segala sesuatu terkait industri farmasi. Industri farmasi di sini sangat luas loh, tidak hanya pabrik obat saja.

    Sebut saja pabrik herbal, pabrik makanan, pabrik minuman, pabrik kosmetik tidak lepas dari farmasi industri. Bahkan penanganan IPAL (terkait limbah) semua pabrik juga berhubungan dengan farmasi.

    Di sini diajarkan dari purchasing, manajemen manusia, cara pembuatan obat yang baik (CPOB), cara pembuatan herbal yang baik, pengemasan obat, kualitas kontrol dan banyak sekali ilmu bisa didapatkan di jurusan ini.

Setelah mengetahui kedua jurusan farmasi tersebut, berikut adalah prospek kerja farmasi industri dan prospek kerja farmasi klinis.

peluang kerja apoteker tidak terbatas di apotek saja. peluang usaha apokter sangat luas, peluang kerja farmasi tidak terbatas.

Oh ya, jurusan ini didapatkan setelah lulus S1 kemudian dilanjutkan pendidikan profesi apoteker 1 tahun. Biasanya titel nya adalah S.far., apt. Jadi untuk Kamu, titelnya adalah: Kamu, S.Far., Apt.

Prospek Kerja Farmasi Klinis

Berikut prospek atau peluang kerja setelah lulus dari jurusan farmasi klinis:

  1. Bidang pemerintahan:
    • Bekerja di Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
    • Apoteker di Puskesmas
    • Bekerja dibagian kefarmasian di Puskesmas.
  2. Bagian administrasi kefarmasian di pemerintahan bahkan di Polri dan TNI.
  3. Apoteker di apotek rumah sakit atau instalasi farmasi di rumah sakit.
  4. Menjadi dosen di fakultas farmasi, fakultas kesehatan masyarakat, fakultas kedokteran. Tentunya yang terkait dengan mata kuliah obat-obatan.

Demikian sebagian kecil dari dunia kerja farmasi klinis. Jika digali, masih banyak prospek kerja lainnya.

Prospek Kerja Farmasi Industri

Berikut adalah prospek kerja farmasi Industri:

  1. Menjadi kepala pabrik
  2. Manager produksi, manager quality control, manager quality assurance, manager purcashing
  3. Supervisor produksi
  4. Bagian quality control (QC)
  5. Bagian quality assurance (QA)
  6. Bagian penanganan limbah

Farmasi di sini dididik memiliki kemampuan yang lebih dari hal manajerial hingga hal teknis sehingga dapat ditempatkan di mana saja.

Industri di sini tidak hanya obat-obatan saja. Berikut adalah industri terkait farmasi:

  1. Industri farmasi (obat-obatan)
  2. Industri herbal (jamu dan fitofarmaka)
  3. Industri kosmetik (sabun, make up, shampoo, pasta gigi, parfume, dsb)
  4. Industri makanan (makanan kemasan dan makanan pabrikan)
  5. Industri minuman
  6. Industri lain yang membutuhkan tenaga dan ilmu farmasi.

Menjadi farmasi peluangnya sangat luas.

Prospek Jurusan Farmasi 5 Tahun Kedepan

Bagaimana prospek jurusan farmasi dalam 5 tahun ke depan? Ini yang menjadi pertanyaan para pelajar yang ingin masuk ke farmasi. Menjadi pertanyaan juga bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan. Apakah masih berpeluang bagus atau tidak?

Melihat semakin menjamurnya industri terkait farmasi, maka peluang farmasi dalam 5 tahun kedepan tidak akan surut.

peluang usaha farmasi di industri kosmetik. Peluang usaha apoteker sangat banyak.

Kita bisa melihat dari menjamurnya industri kosmetik yang bermunculan. Semua itu butuh sosok farmasi di belakangnya. Industri pembuatan krim wajah, lipstik, eye shadow, body lotion, krim anti jerawat, anti keriput dan penuaan dan seterusnya. Ada banyak sekali industri kosmetik.

Apotek pun juga terus bertambah jumlahnya. Kebutuhan manusia akan obat semakin meningkat. Jumlah apotek yang bertambah banyak masih merupakan peluang karena di pinggiran kota, jumlah apotek masih jarang. Untuk membangun apotek yang laris, dibutuhkan daya kreatifitas, inovasi dan managemen yang baik. Di kuliah farmasi, hal ini pun tidak luput untuk diajarkan.

Industri herbal pun tidak luput dari perkembangan. Semakin meningkatnya penelitian klinis terkait herbal, menjadikannya industri yang sangat subur. Dan inipun tidak akan surut hingga 5 tahun ke depan. Bermunculannya herbal-herbal baru yang sangat dibutuhkan masyarakat menjadikan industri ini akan terus bertahan.

Dan iya, pabrik herbal butuh apoteker yang handal juga.

Industri makanan dan minuman juga terus berkembang dan bermunculan. Industri obat-obatanpun sama.

Prospek farmasi tidak akan surut hingga 5 tahun ke depan. Namun, tingginya daya saing dari luar (misalkan china) dengan produk yang dengan mudahnya masuk ke Indonesia, menjadikan farmasi dan apoteker harus memiliki poin lebih yang dapat diandalkan. Produk farmasi harus memiliki kualitas yang baik hingga mampu bersaing.

Intinya menjadi farmasi adalah terus belajar dan meningkatkan daya kreatifitas. Misalkan membuat produk herbal yang berkhasiat dan sangat diminati masyarakat. Tentunya menjadi prospek yang sangat bagus. Produk herbal dari luar tidak sebanyak dan sekaya produk herbal kita.

Oh ya, penelitian dan formulasi obat-obata, herbal, kosmetik pun diajarkan dengan mendalam di jurusan farmasi ini.

Peluang Usaha Farmasi

Berbicara peluang usaha farmasi tidak akan ada habisnya. Terlebih di jurusan ini diajarkan cara menjadi pengusaha yang baik. Manajemen usaha diajarkan juga.

Membangun pabrik herbal contohnya. Di farmasi diajarkan cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB) dari hulu ke hilir di ajarkan di sini. Mulai dari persiapan bangunan, persiapan simplisia dan perlakuannya, pembuatan formulasi (dari obat konsumsi, krim, lotiion, pasta, dsb), pengemasan, manajemen, pemasaran pun diajakarkan.

Karena hal seperti itulah, farmasi juga dapat membangun industri di luar farmasi karena memiliki ilmunya.

Atau seperti kebanyakan farmasi yang lain. Setidaknya memiliki usaha apotek. Usaha ini juga dikembangkan dan dimanajemeni dengan baik bisa mendapatkan penghasilan yang luar biasa besar. Bahkan bisa menjadi pasive income jika menggunakan manajemen yang baik. setiap apotek dapat mengangkat apoteker pendamping di luar apotek utama.

Tidak ada salahnya masuk jurusan farmasi.

Peluang Usaha Farmasi Distribusi

Dalam hal distribusi obat-obatan dan alkes juga dapat digarap oleh farmasi apoteker. PBF (Pedagang besar farmasi) membutuhkan apoteker. Jika kamu memiliki dana yang cukup besar, adakan obat-obatan atau alkes (bisa impor dari Tiongkok) dan jual di lokal.

Industri farmasi seperti ini dapat menjadi besar, besar sekali malah.

Distribusikan obat-obatan dari pabrik ke apotek-apotek atau ke toko kolontong (untuk OTC), ambil selisihnya. Ini pun yang dilakukan oleh PBF. Dibutuhkan manajemen yang baik. Uang besar berputar di sini.

Masih ragu masuk farmasi apoteker? 😀

Oh ya, semua farmasi dan apoteker dalam dunia kuliah dan kerja membutuhkan jas laboratorium. Jas laboratorium di bahas lengkap di jas lab.

Jika kamu ingin masuk ke jurusan farmasi di Yogyakarta, baca juga postingan kami mengenai 5 jurusan farmasi di Yogyakarta.

Ikuti postingan-postingan kami di website ini. Share juga ke teman-teman kami melalui media sosial.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar

jual jas lab
jual jas lab