grosir jas lab - konveksi jas lab

Farmasi Belajar Apa? Panduan Lengkap Mata Kuliah Farmasi

Banyak yang tidak mengetahui dan penasaran, di jurusan farmasi belajar apa saja? Tidak hanya yang mau masuk kuliah di sini, beberapa mahasiswa pun masih kaget saat belajar (kuliah) di jurusan farmasi. Mata kuliahnya banyak banget dan beragam!

Baca panduan tentang mata kuliah di jurusan farmasi di bawah ini. Bagikan informasi ini ke teman-teman Anda yang menginginkan untuk masuk jurusan farmasi atau kepada teman-teman kamu yang sudah masuk di farmasi.

Oh ya, kami ucapkan selamat kepada yang sudah kuliah di sini! Selamat menggali ilmu sebanyak-banyak dan sedalam-dalamnya. Kepada calon farmasis, ketahui selayang pandang tentang mata kuliah farmasi di sini.

Farmasi Belajar Apa? Apakah masuk farmasi harus pintar kimia?

Ini yang menjadi pertanyaan kebanyakan orang saat memiliki keinginan masuk ke farmasi. Apakah saya harus pandai kimia untuk dapat belajar di farmasi? Ini karena farmasi diidentikkan dengan kimia. Jawabannya bisa iya bisa juga tidak. Tidak sepenuhnya benar dan juga tidak sepenuhnya salah.

Sebagai tes masuk di jurusan farmasi, ujian tertulisnya terdiri dari beberapa mata pelajaran, tidak hanya kimia saja. Untuk masuk di jurusan ini, dibutuhkan penguasaan mata pelajaran lain yang diujikan seperti matematika, biologi, fisika, bahasa, dsb, tidak hanya kimia saja.

jual jas lab
grosir jas lab - konveksi jas lab

Dan passing grade farmasi ini tinggi loh. Walaupun tidak setinggi kedokteran. Jika menginginkan masuk ke farmasi, belajarmu harus outstanding. Ikuti bimbel-bimbel dan perbanyuak latihan soal sendiri di rumah.

Setalah masuk ke farmasi, kamu akan menemui banyak sekali ilmu yang dasarnya adalah ilmu eksakta (IPA) seperti matematika, biologi, fisika, dan tentunya kimia. Keseluruhan ilmu eksaktamu haruslah baik atau bagus.

Farmasi Belajar Apa Saja?

Seperti dijelaskan di atas, farmasi benyak mempelajari ilmu eksakta. Dan ini dimulai dari semester 1 hingga semester akhir.

mata kuliah farmasi belajar apa saja. Mata kuliah farmasi ugm, mata kuliah farmasi itb, mata kuliah farmasu ui.

Walaupun tidak sedikit juga ilmu di luar ilmu pengetahuan alam (IPA) di sini. Misalkan ilmu psikologi menghadapi pasien atau pelanggan, ilmu manajemen apotek dan manajemen rumah sakit, ilmu mengenai komunikasi.

Tapi secara umum paling banyak adalah ilmu eksakta. Misalkan dari Biologi seperti: anatomi fisiologi tumbuhan, anatomi disiologi manusia, morfologi tumbuhan, mikrobiologi, parasitologi, dan sebagainya.

Dari fisika misalkan tentang formulasi sediaan padat, formulasi sediaan cair, formulasi sediaan semi padat, dan lain sebagainya.

Secara kimia tidak usah ditanya. Misalkan tentang kimia dasar, kimia organik, kimia analisa, kimia anorganik, biokimia, dan sebagainya

Secara matematika bagaimana? Farmasi selalu dihadapkan dengan praktikum dan semua praktikum pasti ada kuantitatifnya. Matematika sangat berperan di sini. Aneh juga jika kamu lemah dalam menghitung dosis obat. Menghitung dosis butuh kimia yang baik.

Setiap praktikum membutuhkan baju jas laboratorium. Baca postingan kami yang lengkap tentang grosir jas lab.

Apa saja rincian setiap mata kuliah farmasi, silakan baca di bawah ini?

Mata Kuliah Farmasi

Berikut adalah mata kuliah farmasi secara umum:

  1. Anatomi fisiologi manusia

    Mempelajari mengenai sistem tubuh manusia secara lengkap. Saking lengkapnya, biasanya di beberapa universitas dibagi menjadi anatomi fisiologi manusia 1 dan anatomi fisiologi manusia 2.

    Sistem tubuh yang dipelajari misalkan dari sistem pencernaan, sistem imun, sistem peredaran darah, sistem syaraf, sistem gerak, sistem reproduksi. Semua yang kamu dapatkan di Biologi kelas 12 diulang secara mendetail di mata kuliah ini.
  2. Farmasi Fisika

    Tidak suka dengan fisika? Hahaha, kamu akan menemui juga fisika di jurusan farmasi ini. Ilmu fisika dibutuhkan dalam menentukan misal: laju pengendapan obat, kekerasan tablet, kerapuhan tablet, formulasi obat-obatan.

    Ilmu fisikamu akan terpakai di jurusan ini.
  3. Kimia Dasar

    Seperti ilmu kimia yang kamu dapatkan di SMA. Seperti reaksi redoks, unsur dan senyawa, ATP pun diperdalam. Dan ini adalah dasar sebelum masuk ke mata kuliah kimia-kimia yang lainnya.
  4. Kimia Organik

    Kimia organik mempelajari bagaimana kimia di dalam bahan hidup seperti pada manusia. Disini kamu juga akan mempelajari bagaimana elektron, proton dan neutron bekerja.
  5. Kimia Anorganik

    Kimia pada benda tidak hidup. Ini juga dibahas mendetail. Bisa sampai kimia anorganik 1 dan kimia anorganik 2.
  6. Farmasetika Dasar

    Ini mempelajari bagaimana sediaan farmasi. Di sini mulai masuk tentang peracikan obat nih. Ilmu farmasinya mulai terlihat. Farmasetika dasar pun bisa jadi dibagi menjadi farmasetika dasar 1 dan farmasetika dasar 2 saking pentingnya ilmu ini.
  7. Biokimia

    Mempelajari bagaimana proses kimia di dalam sel tubuh manusia. Ini menarik untuk dipelajari.
  8. Kimia Analitik

    Bagi yang memiliki jiwa peneliti, mata kuliah ini pasti akan menarik. Kamu akan mempeljari cara menganalisasi kandungan obat-obatan atau kosmetik di pasaran contohnya. Apakah sediaan memenuhi persyaratan atau tidak akan dipelajari di mata kuliah ini.

    Kimia analitik biasanya diikuti dengan praktikum kimia analitik juga. Dan ilmu ini sangat dibutuhkan jika kamu memiliki keinginan untuk bekerja di dunia qulaity control atau di BPOM. Baca postingan kami mengenai prospek farmasi.
  9. Teknologi Sediaan Padat

    Kamu akan mempelajari cara membuat dan meracik tablet, kapsul, pil dan sediaan padat lainnya di sini. Praktikum TSP juga sangat menarik diikuti. Kamu sudah seperti farmasis profesional jika menguasai ilmu meracik sediaan padat ini. Tapi masih banyak ilmu lain yang perlu kamu perdalami juga.
  10. Teknologi sediaan semi cair

    Mata kuliah ini mempelajari cara meracik krim, suppositoria, salep, dan berbagai sediaan semi padat lainnya. Semi padat atau semi cair ya? sama saja 😀
  11. Teknologi sediaan cair

    Seperti sirup, suspensi, emulsi akan dipelajari di sini. Ilmu fisika, kimia dan matematika terpakai di sini.
  12. Farmakologi

    Ini adalah mata kuliah tentang ilmu farmasi atau obat-obatan. Farma = obat-obatan sedangkan logi atau logos adalah ilmu. Ilmu tentang mekanisme obat di dalam tubuh dipelajari di sini. Biasanya farmakologi ini dipelajari mendalam. Jangan dapat nilai C di sini. Kejarlah nilai A di farmakolgi. Ini ilmu dasarnya farmasi.
  13. Farmakognosi

    Ilmu yang mempelajari tentang bagian-bagian tumbuhan atau hewan yang dapat dijadikan obat. Ilmu ini didasari juga dengan ilmu materia medika, Fitokimia dan anatomi fisiologi tumbuhan.
  14. Fitokimia

    Mempelajari kimia (bahan berkhasiat) di dalam tumbuhan. Ilmu herbal dipelajari di sini.
  15. AOT (Analisis Obat Tradisional)

    Lebih mendalam tentang cara menganalisa obat-obatan tradisional.
  16. Mikrobiologi, Parasitologi, Virulogi

    Ini kami jadikan satu saja karena intinya mempelajari makhluk hidup yang kecil. Ilmu parasitologi ini juga dipelajari dengan mendalam loh di farmasi. Bagaimana parasit-parasit dapat tumbuh dan cara menanggulanginya.
  17. Farmakoterapi

    Cara obat berkhasiat di dalam tubuh. Setiap obat dipelajari mendalam di mata kuliah ini. Ilmu Farmakologi mu harus tuntas dulu sebelum mempelajari farmakoterapi lebih jauh. Semua serba berhubungan.
  18. Interaksi Obat

    Bagaimana obat berinteraksi dengan obat lain atau dengan makanan dan minuman. Tanpa kemampuan ini, farmasis tidak akan komplit.
  19. Ilmu Resep

    Mata kuliah ini gong nya untuk farmasi klinis. Diajarkan cara membaca obat, bahasa latin, menghitung dosis, cara menanggulangi kesalahan resep dan tentunya cara meracik. Kemampuan farmasi apoteker baik tidaknya dinilai salah satunya dari cara dia meracik resep.

    Ilmu resep ini kadang dijadikan momok juga 🙂 Jangan takut, jika kami belajar dengan baik, ilmu resep ini pun menjadi mudah. Jangan menyerah belajar jadi farmasi yang baik.
  20. Farmasi Komunitas

    Mempelajari obat-obatan di masyarakat. Bagaimana perilaku masyarakat terhadap suatu obat.
kuliah farmasi belajar apa saja, apakah harus pandai kimia di farmasi

Demikian sebagian dari ilmu yang dipelajari di Farmasi. Sebenarnya masih banykan lagi mata kuliah yang lain yang tidak bisa kami sebutkan di sini. Jika ada yang terlewat, silakan komen di bawah. Akan kami update terus materi di blog grosir jas lab ini.

Mata Kuliah Farmasi UGM, UI, ITB, dan Universitas Lainnya

Oh ya, mata kuliah yang kami sebutkan di atas bisa jadi tidak dipelajari oleh universitas yang lain. Beda universitas beda juga mata kuliah yang diajarkan tergantung fokus universitas tersebut.

Mata kuliah di atas pun terkadang butuh penjelasan mendalam. Bisa jadi ilmu resep ada 3 tingkatan, misal ilmu resep 1, ilmu resep 2 dan ilmu resep 3. Samua pendalaman tersebut tentu ada tujuannya.

Semakin mendalam mata kuliah, tentu menghasilkan lulusan yang baik juga.

Jangan menyerah menjadi farmasis. Seperti slogan nya: long life learner. Pembelajar seumur hidup.

Bagikan postingan ini melalui media sosial kamu ya. 😀


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

2 pemikiran pada “Farmasi Belajar Apa? Panduan Lengkap Mata Kuliah Farmasi”

Tinggalkan komentar

jual jas lab
jual jas lab