grosir jas lab - konveksi jas lab

Kenapa obat flu bikin ngantuk

Pernah minum obat flu dan batuk? Pernah juga bertanya kenapa obat flu bikin ngantuk sehingga tidak boleh mengkonsumsi obat ini saat mengendarai atau menggunakan alat berat?

Baca postingan ini sampai selesai. Bagikan juga ke teman-teman kamu agar mereka mengetahui juga.

Oh ya, tulisan ini dibuat oleh apoteker (Saya) sebagai expertise saya.

Kenapa obat flu bikin ngantuk?

Alasan kenapa obat flu bikin ngantuk adalah karena mengandung antihistamin.

Histamin ialah bahan kimia yang diproduksi oleh sistem imun tubuh yang berfungsi melawan alergen dan juga kuman seperti virus flu. Histamin ini memiliki efek membuat pembuluh darah di rongga hidung melebar sehingga hidung menjadi tersumbat.

jual jas lab
grosir jas lab - konveksi jas lab

Akibatnya, cairan dalam pembuluh darah kamu meningkat dan ditambah dengan peningkatan produksi lendir. Hal inilah yang menyebabkan hidung Anda berair.

Histamin ini berpengaruh pada sistem saraf pusat, yaitu otak & sumsum tulang belakang. Histamin ini membuat kamu terjaga dan mudah gampang konsentrasi.

Saat kita mengkonsumsi obat flu yang mengandung antihistamin, zat ini menghambat histamin. Antihistamin inilah yang masuk ke otak dan menyebabkan kita mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Namun antihistamin dapat mengurangi gejala-gejala flu.

Bagaimana cara mengurangi rasa kantuk saat minum obat flu?

Lantas bagaimana cara mengurangi rasa kantuk saat minum obat flu? Terutama jika kamu takut mengantuk saat aktivitas di pagi atau siang hari, misal saat belajar, bekerja, mengendarai kendaraan atau kerja dengan alat berat.

Caranya adalah konsumsi obat flu saat malam hari atau konsumsilah saat kamu hendak beristirahat di rumah. Atau jika kamu sedang flu, sebaiknya memang beristirahat di rumah saja. Konsumsi obat flu dan tidur lah.

Bisa juga mengkonsumsi obat flu yang tidak menyebabkan rasa kantuk. Ada beberapa mereknya. Silakan scroll ke bawah.

Namun di depan itu semua, cara paling baik “menyembuhkan” flu dan batuk adalah dengan selalu menjaga imun tubuh. Imun tubuh yang optimal akan menyebabkan tubuh tidak mudah terserang virus, termasuk virus flu.

Selalu jaga imun tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan mengandung vitamin mineral. Konsumsi buah dan sayur setiap hari baik untuk imun tubuh kita.

Tentang obat-obatan ini, selalu dibuat di pabrik obat yang memenuhi persyaratan, termasuk saat di teliti dalam laboratorium. Semua pekerja laboratorium menggunakan jas lab. Jika kamu membutuhkan grosir jas lab, silakan menuju halaman utama website ini. Harga menarik dan barang berkualtias.

Apakah parasetamol bikin ngantuk?

Parasetamol jika dikonsumsi tunggal tanpa tambahan obat lain tidaklah memiliki efek samping membuat ngantuk. Parasetamol memiliki fungsi antipiretik dan mengurangi rasa nyeri.

Berbeda dengan saat dikonsumsi dalam sediaan campuran, misalkan obat flu. Obat flu mengandung biasanya mengandung penurun demam (parasetamol), decongestan dan antihistamin. Antihistaminlah yang menyebabkan ngantuk.

Apakah parasetamol bikin ngantuk

Jadi jangan khawatir mengkonsumsi parasetamol saat akan berkendara atau beraktivitas dengan alat berat selama parasetamol yang dikonsumsi adalah parasetamol sediaaan tunggal.

Memang ada efek samping parasetamol yang bisa terjadi, seperti:

  • Hipotensi atau tekanan darah rendah
  • Mucul bengkak pada kulit
  • Muncul ruam (kemerahan) pada kulit
  • Kerusakan ginjal & liver (risiko lebih tinggi jika overdosis).
  • Sakit pada bagian perut
  • Nafas sesak
  • Mual dan nafsu makan turun
  • Feses berubah warnanya
  • Urine berwarna lebih gelap.
  • Jaundice atau kondisi kulit dan mata menguning.

Namun parasetamol tidaklah menimbulkan rasa kantuk. Sekali lagi menyebabkan kantuk jika dikonsumsi dalam sediaan campuran dengan antihistamin.

Merek obat flu yang tidak bikin ngantuk

Silakan cek obat flu yang akan kamu konsumsi. Cari obat flu yang tidak mengandung antihistamin (antihistamin contohnya: CTM, diphenhydramine dan doxylamine suksinat).

Merek obat flu yang tidak bikin ngantuk

Salah satu merek yang tidak mengandung antihistamin contohnya: Sanaflu

Obat flu ini mengandung parasetamol dan phenylpropanolamine HCI. Berperan langsung meredakan demam, sakit kepala dan hidung tersumbat akibat flu.

Sanaflu tidak menyebabkan ngantuk sehingga aman dikonsumsi sebelum berkendara atau mengoperasikan mesin alat berat.

Merek lainpun ada banyak. Cari sendiri yang kandungannya tidak ada antihistaminnya. Biasanya beberapa merek mencantumkan di kemasan: “tidak menyebabkan kantuk” sebagai promosinya.

Obat-obat ini bisa dibeli di apotek dan toko obat. Baca juga apa perbedaan apotek dan toko obat.

Kesimpulan

Obat flu menyebabkan kantuk karena mengandung antihistamin. Jika kamu mencari obat flu yang tidak menyebabkan ngantuk, carilah yang tidak mengandung antihistamin.

Cara yang paling baik adalah dengan mencegah flu dengan terus menjaga imun tubuh tetap optimal.

Tetaplah sehat selalu kawan!


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar

jual jas lab
jual jas lab