Peranan Ilmu Kimia

Peranan ilmu kimia sangat banyak dalam berbagai bidang kehidupan manusia, seperti bidang kesehatan, kedokteran, farmasi, pertanian, lingkungan, energi, maupun untuk kehidupan sehari-hari. Dalam bidang farmasi contohnya, ilmu kimia berugna untuk mencari dan mendeteksi zat aktif berkhasiat, mengekstraknya, mengisolasinya atau membuat sintesanya.

Peranan ilmu kimia dalam berbagai bidang akan dijelaskan dengan detail di dalam artikel ini. Jangan lupa share artikel ini melalui medsos dan whatsapp grup kamu. Mungkin teman-temanmu butuh.

Kenapa Belajar Kimia Itu Penting

Belajar kimia itu penting karena kehidupan keseharian kita tidak lepas dari ilmu kimia. Mulai dari tubuh kita sendiri penuh dengan reaksi kimia di dalamnya. Hormon, enzyme, cairan tubuh, semuanya terkait dengan kimiawi.

Belum lagi apa yang kita konsumsi dan kita pakai. Semua makanan terbuat dari zat kimia. Organik disediakan alam, bukan kimia buatan seperti pemanis buatan.

Yang kita gunakan sehari-hari, misalkan sabun mandi, shampo, sabun muka, deodoran, foam untuk bercukur, minyak rambut, pomade, sabun cuci piring, cairan pel, cairan pembersih, semua itu adalah kimia.

Udara yang kita hirup, air yang kita minum dan bahan-bahan alam yang disediakan oleh pencipta adalah kimia.

Manfaat Ilmu Kimia

Beberapa manfaat mempelajari ilmu kimia bagi kehidupan kita, antara lain:

  1. Mengetahui manfaat bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
  2. Mengetahui reaksi kimia yang terjadi di sekitar kita
  3. Dapat menghindari bahan kimia berbahaya.

dengan mempelajari ilmu kimia, baik di dunia sekolah (IPA) ataupun memperdalam di dunia kuliah, kamu akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

1. Mengetahui manfaat bahan kimia

Dalam bidang sandang misalnya. Kita dapat mengetahui kimia pewarnaan tekstil. Sedangkan dalam bidang makanan, kita dapat mengetahui bahan-bahan kimia yang digunakan untuk pengawetan makanan, pewarna makanan, pemanis serta dengan penyedap rasa.

Dalam bidang pertanian, kita dapat mengetahui tentang pupuk, pestisida, herbisida, dan sebagainya. Jika kita mampu membuat kimia pertanian yang aman terhadap lingkungan, kita harus mempelajari ilmu kimia dengan lebih dalam lagi.

Dalam bidang farmasi, semua obat-obata yang dikonsumsi didapatkan dari ilmu kimia, baik obat-obatan herbal seperti jamu, teknologi ekstraksi bahan berkhasiat obat maupun mensintesis bahan obat.

2. Mengetahui reaksi kimia di sekitar kita

Memahami reaksi-reaksi kimia juga dapat bermanfaat dalam kehidupan. Misalnya bagaimana cara membantu menetralkan asam lambung berlebih dengan mengkonsumsi buah-buahan yang bersifat basa, misalnya pisang.

3. Dapat menghindari dari bahan kimia berbahaya

Misalnya senyawa klorin yang biasa ditemukan dalam cairan pembersih. Klorin ini sering digunakan untuk membersihkan kolam atau sebagai pestisida, namun sekarang sering juga digunakan untuk disinfektan atau hand sanitizer.

Jika klorin terhidup, dapat merusak sistem pernapasan sehingga sulit bernapas. Selain itu cairannya dapat mengritasi kulit sehingga membuatnya kemerahan, terbakar atau melepuh. Jika tidak sengaja tertelan, dapat menimbulkan reaksi terbakar di mulut, muntah, sakit tenggorokan dan BAB berdarah.

Masih banyak manfaat lain dari mempelajari ilmu kimia ini. Jangan malas-malas belajar kimia ya.

Peranan Ilmu Kimia Dalam Bidang Energi dan Lingkungan

Mempelajari ilmu kimia sangat bermanfaat dalam bidang enerji dan juga dalam bidang lingkungan. Misalnya energi dari yang tidak terbarukan dari minyak bumi seperti bensin, pertalite, pertamax maupun avtur (bahan bakar pesawat). Energi baterai pun juga kimia.

Peranan Ilmu Kimia Dalam Bidang Energi dan Lingkungan

Bahan energi alternatif dari organik juga merupakan kimia. Misalnya energi dari singkong ataupun bahan organik lainnya. Ini dinamakan biofuel atau biodiesel.

Dalam bidang lingkungan, penguraian sampah dengan cara efektif menggunakan enzim dari jamur atau bakteri juga tidak lepas dari ilmu kimia. Serta ilmu biologi juga tentunya.

Kegunaan Ilmu Kimia Dalam Bidang Pertanian & Peternakan

Ilmu kimia dalam pertanian dan peternakan sangat dibutuhkan. Dalam bidang pertanian, contohnya adalah teknologi pemupukan (baik yang organik maupun yang sintetis), pestisida (alami maupun kimia), herbisida dan berbagai teknologi pertanian lainnya.

Kegunaan Ilmu Kimia Dalam Bidang Pertanian & Peternakan

Pertanian yang menggunakan teknologi probiotik memanfaatkan ilmu biologi untuk mempercepat proses pembusukan zat organik menjadi zat hara yang bisa segera diserap oleh akar tumbuhan. Enzimatik probiotik ini adalah kimia. Pemecahan zat organik menjadi hara juga kimia.

Dalam ilmu pertanian pun juga sama. Probiotik yang campurkan dalam pakan, ternyata dapat meningkatkan rasio pemberian makanan dengan penambahan berat badan ternak. Vitamin dan obat-obatan ternak pun tidak lepas dari ilmu kimia.

Ilmu Kimia dalam Bidang Farmasi

Ilmu kimia banyak diaplikasikan dalam bidang farmasi, bahkan hampir semuanya adalah ilmu kimia. Mulai dari memanfaatkan bahan alami sebagai obat, misalnya tentang jamu atau obat tradisional hingga mensintesis zat kimia bermanfaat.

Teknologi ekstraksi atau menarik zat berkhasiat dari simplisia juga memanfaatkan ilmu kimia dan fisika di dalamnya. Kemudian mengisolasi bahan berkhasiat tersebut. Jika kamu belum mengetahui apa simplisia itu, silakan baca tulisan kami.

Teknologi formulasi obat, menjadikan obat tersebut menjadi tablet, salep, suppositoria, sirup, elixir, injeksi pun menggunakan campuran bahan kimia bermanfaat dan bahan kimia campuran.

Ilmu darmasi tidak akan lepas dari ilmu kimia.

Manfaat Kimia Dalam Kedokteran

Dalam bidang medis, ilmu kimia bermanfaat dalam banyak hal. Misalkan dalam uji-uji laboratorium hingga teknologi cuci darah. Hal lainnya seperti sanitasi, sterilisasi, deteksi penyakit (melalui laboratorium tadi), serta obat-obatan medis semuanya terkait ilmu kimia.

Untuk obat-obatan, kedokteran bekerja sama dengan farmasi apoteker.

Selama bekerja di laboratorium untuk mendeteksi penyakit, petugas laboratorium harus menggunakan jas laboratorium untuk menlindungi dirinya dari percikan bahan kimia. Jas lab yang digunakan dapat dibeli di konveksi jas laboratorium yang telah berpengalaman dan hasil produksi jas lab berkualitas. Salah satunya di grosirjaslab.com

Peran Ilmu Kimia Dalam Bidang Ekonomi

Ilmu kimia juga berkaitan dengan bidang ekonomi. Misalkan dalam ekspor dan impor bahan kimia, baik bahan baku maupun bahan jadi. Termasuk produksi, ekspor dan impor vaksin.

Ilmu kimia juga berkaitan dengan industri, misalkan untuk pemurnian bahan tambang atau industri-industri lain seperti tekstil, makanan, minuman, kosmetik maupun industri lain.

Kesimpulan

Ilmu kimia sangat bermanfaat atau berguna dalam berbagai bidang kehidupan, muali dari bidang rumah tangga, farmasi, pertanian hingga bidang teknologi dan industri.

Mempelajarinya bisa mendapatkan berbagai manfaat, muali dari mendeteksi bahan kimia, mempelajari reaksi kimia dan menjauhkan kita dari bahan kimia berbahaya.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar