Jas Laboratorium Harus Dipakai Karena Apa?

Pada saat bekerja di laboratorium, jas laboratorium harus dipakai dalam keadaan rapi dan benar karena jas praktikum lab ini berfungsi untuk melindungi kulitmu atau pakaianmu dari bahan kimia.

Beberapa bahan kimia dapat berbahaya bagi kulit, seperti cairan asam (asam sulfat, asam klorida, asam asetat). Jika terkena kulit akan menyebabkan kulit luka bakar. Jika cairan ini terkena pakaian, maka pakaianmu akan rusak (bolong). Jadi lebih aman jika baju laboratoriumnya saja lah yang terkena zat kimia berbahaya.

Jawaban lebih lengkap mengenai pertanyaan di atas dapat dibaca pada tulisan di bawah ini. Bagikan juga kepada teman-teman kamu melalui media sosial atau whatsapp. Mereka mungkin butuh.

Alasan kenapa jas laboratorium harus dipakai karena?

Ada banyak alasan tentang kewajiban menggunakan jas lab selama bekerja di laboratorium, antara lain:

1. Jas lab melindungi pemakainya dari bahan kimia

Seperti di jelaskan di atas, bahan kimia berbahaya bagi kulit atau pakaian di bawah jas laboratorium. Ada banyak bahan kimia berbahaya di dalam laboratorium, misalnya:

  • Amonia (NH3)

    Memiliki sifat mudah larut dalam air dan sangat korosif. Korosif artinya dapat menyebabkan kerusakan. Amonia korosif terhadap tembaga dan timah.

    Jika amonia pekat (larutan pekat dalam air), dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Dalam bentuk gas dapat menyebabkan kerusakan paru-paru bahkan kematian jika terhirup dalam jumlah banyak.
  • Asam Klorida (HCl)

    Asam klorida disimpan dalam bentuk larutan. Memiliki sifat racun dan juga korosif. Dalam bentuk asap pekat dapat membuat kabut asap yang sangat berbahaya bagi kesehatan praktikan karena menyebabkan kerusakan pada mata, mata dan pernafasan.

    Ini baru asap pekatnya. Cairannya juga berbahaya. Asam klorida termasuk sebagai bahan beracun.

    Alat perlindungan diri (APD) seperti sarung tangan, jas laboraotorium dan pelindung lainnya wajib dikenakan saat bekerja dengan bahan ini.
  • Asam sulfat (H2SO4)

    Sama seperti asam klorida, asam ini juga bersifat korosif. Ditambah bahan ini jga pendehidrasi, artinya menarik air sangat kuat. Jika terkena kulit, cairan di sel kulit ditarik oleh zat asam ini sehingga berefek luka bakar di kulit.

    Gasnya juga merusak paru-paru. Asam sulfat membentuk gas SO2 yang berbahaya bagi kesehatan kita.
  • Formalin

    Formalin dapat menyebabkan iritasi pada membran mukosa, kepala, menimbulkan rasa pusing, menyebabkan tenggorokan terbakar dan mengeluarkan air mata jika kadar di udara melebihi ambang batas. Dapat meningkatkan keasaman darah, gangguan pernafasan, hipotermia, koma hingga kematian jika terkena cairan ini dalam jumlah banyak.
  • Natrium Hidroksida (NaOH)

    Ini merupakan basa kuat. Jika terpapar dapat menyebabkan luka bakar di kulit dan mata.

Karena banyakanya bahan berbahaya di laboratorium, penggunaan jas lab dengan baik dan benar adalah keharusan. Baca postingan kami tentang cara menggunakan jas lab yang benar.

2. Sebagai penanda antara praktikan atau pekerja laboratorium dengan orang luar laboratorium

Jas laboratorium ini dapat menjadi penanda atau pembeda antara pekerja lab dengan orang di luar laboratorium. Jangan sampai ada penyusup masuk ke dalam laboratorium kamu ya.

3. Mencegah kontaminan dari dalam laboratorium ke luar laboratorium dan sebaliknya.

Alasan menggunakan jas lab dengan rapi dan benar adalah untuk mencegah kontaminasi. Maksudnya adalah keluarnya bahan kimia ke luar laboratorium.

Ambil contoh, saat kamu menggunakan jas laboratorium dengan lengan dilipat, dan saat itu bekerja dengan suatu bahan serbuk, bahan serbuknya dapat jatuh ke dalam lipatan jas lab mu. Saat kamu keluar dari laboratorium, serbuk ini dapat mengkontaminasi ke berbagai ruangan. Inipun sangat berbahaya.

Gunakanlah jas laboratorium saat bekerja di laboratorium saja. Jangan gunakan saat naik motor dari kos-kosan kamu hingga ke laboratorium.

4. Jas Lab yang Rapi Merupakan Simbol dari Kerja Kamu yang Rapi Juga

Ini merupakan tujuan menggunakan jas laboratorium yang lainnya. Menggunakan jas laboratorium dengan rapi dan benar dapat menjadi identitas kamu sebagai saintis, peneliti atau mahasiswa farmasi yang baik (atau mahasiswa jurusan lainnya).

Gunakanlah jas praktikum ini dengan baik dan rapi sebagaimana adanya.

Kesimpulan Alasan Menggunakan Jas Laboratorium

Demikian alasan menggunakan jas laboratorium selama bekerja di laboratorium. Tujuan utamanya untuk melindungi kamu dari bahan berbahaya selama bekerja di laboratorium.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar