grosir jas lab - konveksi jas lab

Kenapa Kuliah Farmasi Mahal

Alasan kenapa kuliah farmasi mahal adalah karena biaya praktikumnya yang tidak murah. Biaya praktikum ini digunakan untuk pembelian bahan kimia dan pembelian peralatan serta perlengkapan yang harganya mahal juga. Semua itu dikalikan dengan jumlah praktikum selama kuliah yang bisa mencapai 10-12 praktikum.

Berapa sih sebenarnya estimasi kuliah di farmasi dari awal masuk hingga lulus, silakan cek di tulisan di bawah ini.

Jangan lupa share juga informasi ini di sosial media atau di blog kamu ya. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat.

Kenapa Kuliah Farmasi Mahal

Mahal dan murah sebenarnya relatif. Jika dibandingkan dengan kuliah kedokteran umum atau kedokteran gigi, maka kuliah farmasi ini relatif lebih murah.

Tapi saat dibandingkan dengan jurusan atau fakultas yang lain, selain fakultas medis, maka kuliah di farmasi termasuk kuliah yang mahal.

jual jas lab
grosir jas lab - konveksi jas lab
biaya praktikum farmasi mahal. Seperti kami tuliskan di atas, kuliah di jurusan ini akan menemui banyak sekali praktikum. Dari semester awal sudah disuguhkan dengan praktikum. Praktikum di setiap semesternya berkisar dari 1 hingga 3 praktikum.

Mahalnya kuliah farmasi disebabkan hal berikut (setidaknya ini menurut pandangan kami. Jika ada yang ingin ditambahkan, silakan isi di komen di bawah):

  1. Termasuk Jurusan Medis

    Ada banyak orang yang memiliki cita-cita menjadi tenaga medis, utamanya adalah menjadi dokter. Namun ternyata masuk jurusan kedokteran bukanlah hal yang mudah.

    Passing gradenya tinggi, dibutuhkan otak yang encer, dibutuhkan kesabaran ekststa (kuliah di kedokteran lama, sampai mendapatkan izin praktik) dan biaya yang tinggi.

    Hal tersebut menyebabkan farmasi menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang ingin masuk medis tetapi tidak masuk di kedokteran.

    Tapi menjadi alternatif tidak menjadikan farmasi bisa dipandang sebelah mata. Kuliah di farmasi butuh perjuangan besar, kecerdasan yang luar biasa dan kesabaran ekstra.

    Banyak ilmu yang lebih dalam dipelajari oleh farmasi daripada oleh kedokteran. Terutama masalah obat-obatan. Oh ya, kuliah di farmasi ini mendapatkan ilmu dari ilmu kimia, ilmu biologi, ilmu swa medikasi (pengobatan sendiri), ilmu psikologi hingga ilmu bisnis. Lebih lanjut silakan baca tentang belajar apa saja di farmasi.

  2. Jurusan yang banyak peminatnya

    Seperti hukum ekonomi, semakin tinggi permintaan maka semakin besar juga penawarannya. Jurusan farmasi ini sangat tinggi peminatnya. Ini terkait dengan poin ketiga di bawah.

  3. Wilayah kerja farmasi luas sekali

    Karena luasnya wilayah kerja setelah lulus dari farmasi, mulai dari kerja di apotek, pabrik obat, kosmetik dan makanan hingga menjadi pengusaha adalah lingkup farmasi. Baca tulisan kami yang lin tentang lingkup kerja farmasi.

  4. Biaya praktikum yang tidak murah dan banyak

    Seperti kami tuliskan di atas, kuliah di jurusan ini akan menemui banyak sekali praktikum. Dari semester awal sudah disuguhkan dengan praktikum. Praktikum di setiap semesternya berkisar dari 1 hingga 3 praktikum.

    Jumlah praktikum yang banyak ini lah yang menyebabkan biaya kuliah di jurusan farmasi mahal.

    Kemudian ada biaya gedung yang juga tidak murah. Biaya per SKS yang tidak sedikit. Dah mata kuliah di farmasi terkenal dengan mata kuliah yang cukup sulit.

    Tidak sedikit mahasiswa dan mahasiswi yang mengulang mata kuliah lebih dari 2 kali untuk mendapatkan nilai A. Semakin sering mengulang, semakin mahal juga biaya kuliahmu.

    Biaya praktikum ini digunakan untuk pembelian bahan kimia, pembelian peralatan dan perlengkapan (misal labu alas bulat, erlenmeyer, buret, dsb), pembelian peralatan yang harganya terkadang selangit. Misal alat-alat analisa seperti HPLC yang harganya sangat sangat mahal. Selain itu juga untuk pembelian sarana lain misal jas laboratorium.

    Kamu bisa membeli jas laboratorium dengan sangat terjangkau di grosir jas lab. Kamu bisa mengelola pembelian jas laboratorium untuk teman sekelas dan bisa mendapatkan tambahan uang jajan. Harga di sini adalah harga grosir jas lab loh.

Share informasi ini juga orang tuamu jika mereka menanyakan kenapa biaya kuliah farmasi mahal. Untuk itu ada baiknya kamu belajar sungguh-sungguh supaya cepat lulus.

Biaya Kuliah Farmasi mahal? benarkah?

Estimasi kuliah di farmasi tahun 2020 kami cantumkan di bawah ini. Ingat ini hanyalah estimasi saja, tanyakan kepada jurusan farmasi yang hendak kamu masuki untuk mendapatkan informasi terupdate.

Berikut adalah estimasi di salah satu universitas swasta di Yogyakarta:

SmstrHeregistrasiSPP PokokSPP Beban Pembinaan Mahasiswa &
Tabungan KKN
Asuransi PertahunUang GedungTotal Per Semester
I300rb3,1jt300rb/SKS

20 SKS/ semester
1,3jt75rb15jt-16jt26jt-27jt
II300rb3,1jt300rb/SKS300rb75rb15jt-16jt25jt-26jt
III300rb3,1jt300rb/SKS300rb75rb15jt-16jt25jt-26jt
IV300rb3,1jt300rb/SKS300rb75rb15jt-16jt25jt-26jt
V300rb3,1jt300rb/SKS300rb75rb09jtan
VI300rb3,1jt300rb/SKS300rb75rb09jtan
VII300rb3,1jt300rb/SKS300rb75rb09jtan
VIII300rb3,1jt300rb/SKS300rb75rb09jtan
Total137jt-141jt

Biaya tersebut di atas belum termasuk biaya praktikum loh. Biaya praktikum ini cukup mahal. Bisa jadi ada 2-3 praktikum dalam satu semester. Kemungkinan di kisaran Rp 500,000 – Rp 900,000 per praktikumnya, tergantung dari praktikum apa dan universitas mana.

Data ini didapatkan dari website salah satu universitas swasta di Yogyakarta: cek biaya kuliah farmasi.

Bagaimana dengan universitas negeri. UGM contohnya.

Bisa dicek sendiri di website UGM. UGM mulai mahasiswa tahun ajaran 2020/2021 memberlakukan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di mana untuk jurusan farmasi, biaya berkisar antara Rp 5,000,000 sampai dengan Rp 17,500,000 (untuk kelompok 3 sampai dengan kelompok 8).

UKT ini diberlakukan menyesuaikan dengan besar pemasukan dari tiap kelompok penghasilan. Ada 8 kelompok penghasilan ini. Cek saja website UGM di atas ya untuk informasi lebih lanjut.

Biaya Praktikum Farmasi Tidak Murah

Untuk biaya praktikum di farmasi sangat bergantung dengan praktikum apa dan di Universitas mana. Biayanya sekali lagi tidak sedikit atau tidak murah. Biaya praktikum digunakan untuk ganti bahan kimia yang terpakai, peralatan dan perlengkapan hingga alat-alat farmasi yang mahal.

Mahalnya biaya praktikum ini jangan mengendurkan semangatmu. Ada banyak sekali ilmu yang didapatkan dari praktikum ini. Mulai dari praktikum dengan hewan percobaan miasl praktikum farmakoterapi hingga menganalisa obat-obatan, misal dengan praktikum kimia analisa.

Keterampilan yang kamu dapatkan dalam praktikum ini sangat berguna untuk dunia kerja kefarmasian kamu.

Mau buka apotek pun ada praktikumnya. Praktikum ilmu resep namanya. Diajarkan dari A hingga Z terkait peracikan dan pelayanan obat di apotek.

Kesimpulan

Kuliah di farmasi memang tidak murah, namun sepadan dengan ilmu dan praktikum yang kamu dapatkan dalam dunia kuliah. Kenapa kuliah farmasi mahal? sebenarnya sangat relatif. Saat membayangkan luasnya wilayah kerja lulusan farmasi tentu biaya kuliah tidak terasa mahal.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar

jual jas lab
jual jas lab