Kenapa jas lab harus berwarna putih

Tidak semua mahasiswa memahami kenapa jas lab harus berwarna putih, padahal menggunakan jas praktikum sudah menjadi ketentuan umum. Meskipun ada beberapa profesi menggunakan jas berwana lain, namun baju lab berwarna putih lah yang menjadi standarnya.

Pada postingan dari grosirjaslab kali ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai jas laboratorium, kenapa harus menggunakannya, bagaimana jika terkena zat asam, model baju lab hingga warna. Baca sampai selesai ya. Jika suka dengan artikel ini, jangan malu-malu untuk share ke teman-teman Anda ya.

Ini alasannya kenapa jas lab harus berwarna putih

Ada cerita yang sangat menarik di balik hal ini. Dari informasi yang didapatkan dari theglobeandmail.com tentang sejarah jas praktikum laboratorium. Tujuan utama baju laboratorium berwarna putih adalah untuk membedakan dari dukun dan tukang minyak ular.

Pertama kali jas lab muncul pada akhir tahun 1800-an dan dulunya berwarna krem. Dokter sebagaimana pendeta menggunakan pakaian serba hitam sebagai simbol kelamnya pekerjaan mereka. Barulah pada akhir abad ke-19 setelah kemajuan sanitasi dan air bersih semakin dikenalkan di Rumah Sakit, barulah semakin ada perubahan.

Dokter tidak mau disamakan lagi dengan dukun. Dokter berusaha menjadi lebih ilmiah dalam praktik dan juga pakaian mereka. Sekolah kedokteran juga menggunakan kurikulum yang terstandar dan ketat.

Jas lab WARNA PUTIH sebagai filosofi baru

Warna putih dipilih sebagai harapan baru dan menjadi simbol tenaga penyembuh (dokter). Ahli bedah yang pertama kali mengenakan pakaian jas berwarna putih, diikuti oleh dokter rumah sakit dan kemudian dokter umum di kantor. Pada 1915, baju lab warna putih pun sudah menjadi norma, meskipun dokter yang melakukan kunjungan rumah masih berpakaian resmi.

Jas laboratorium berwarna putih masih digunakan hingga sekarang dan menjadi simbol para tenaga medis dan paramedis. Terutama mereka yang bekerja di bagian laboratorium.

Jika Anda mencari konveksi atau produsen jas laboratorium berpengalaman dan terpercaya langsung saja menuju konveksi jas laboratorium.

Jas lab warna lain

Sebenarnya tidak ada masalah jika menggunakan warna selain warna putih. Tidak sedikit pabrik yang menggunakan warna berbeda untuk membedakan bagian pekerjaannya. Misalnya bagian produksi dibedakan warnanya dengan bagian quality control (QC). Di laboratorium universitas pun terkadang dosen menggunakan warna berbeda dari mahasiswa atau mahasiswinya.

grosir jas lab farmasi

Namun filosofi seragam lab harus berwarna putih harus melekat pada tenaga medis atau paremedis atau siswa dan mahasiswa bidang sains yaitu warna harapan untuk membedakan dari dukun atau “tukang penjual obat”. Menggunakan jas laboratorium berwarna putih menandakan standar ilmu yang dimiliki “mumpuni” sebagai tenaga kesehatan.

Kenapa pakaian laboratorium ini disebut jas

Pakaian praktikum di laboratorium disebut “jas” karena berpatokan kepada pakaian “JAS” yang berasal dari eropa. Jas merupakan pakaian luar dengan kancing berjumlah satu hingga tiga kancing (terkadang lebih dari tiga). Jas digunakan pada luar kemeja. Karena hal inilah, pakaian lab disebut “JAS” juga.

Siapa saja yang biasanya menggunakan jas lab

Baju lab merupakan alat proteksi diri yang wajib digunakan saat praktik di dalam laboratorium. Biasanya digunakan di dalam laboratorium pada saat praktikum:

  • Lab kimia
  • Lab farmasi dan apoteker
  • Lab kesehatan
  • Lab kedokteran
  • Lab biologi
  • Lab pertanian
  • Lab fisika
  • Lab gizi dan pangan

Jas praktikum lab juga biasa digunakan oleh pekerja pabrik makanan dan minuman, pabrik kosmetik, pabrik jamu dan pabrik obat-obatan.

Model jas praktikum lab

Setelah mengetahui kenapa jas lab harus berwarna putih, berikut ini adalah model jas praktikum laboratorium kimia yang standarnya sebagai berikut:

  • Menggunakan kain oxford. Kain oxford merupakan bahan campuran dari polyester dan katun (biasanya 25:75). Kain ini cenderung ringan tetapi cukup tebal dan cocok digunakan sebagai jas laboratorium. Gunakan kain oxford yang tebal dan jangan gunakan bahan oxford yang tipis.
  • Baju lab menggunakan kerah model seperti jas namun tidak kaku.
  • Jumlah kantong biasanya sebanyak 3 buah, terdapat dua kantong pada bagian bawah dan 1 kantong pada dada kiri.
  • Panjangnya biasanya bervariasi. Umum lebih panjang dari kemeja biasa dan biasanya mencapai bagian paha. Tujuan panjang hingga ke bagian paha adalah sama seperti tujuan utama penggunaan jas lab, yaitu mencegah percikan bahan kimia saat melakukan percobaan kimia pada posisi duduk ataupun berdiri.
  • Pada bagian pinggang belakang terdapat aksesoris kain tambahan.
  • Anda bisa pesan atau beli melalui kami. Sedia ready stock grosir jas laboratorium lengan panjang dan juga melayani pembelian secara grosir. Kami adalah konveksi berpengalaman yang telah melayani banyak pesanan semenjak tahun 2012.

Gunakan jas laboratorium lengan panjang

Berdasarkan artikel dari kita konveksi, melihat manfaatnya sebagai alat pelindung diri, maka LENGAN PANJANG adalah pilihan pertama daripada lengan pendek. Terlebih pada masa sekarang, banyak mahasiswi farmasi, apoteker maupun pekerja laboratorium yang menggunakan jilbab atau hijab dengan baju lengan panjang di balik baju praktik laboratoriumnya. Apabila cairan zat kimia yang bersifat asam mengenai kulit dapat menimbulkan iritasi atau alergi. Jika terkena pada kain baju, dapat merusak atau membuatnya sobek.

Menggunakan jas laboratorium lengan pendek sebenarnya tidak masalah, namun harus lebih berhati-hati terutama dari percikan cairan kimia ke kulit lengan.

Selain warna putih, yang penting juga adalah cara menggunakan jas lab yang benar harus selalu dipenuhi.

Pesanan grosir seragam laboratorium

Jas praktek di dalam laboratorium yang kami produksi menggunakan bahan berkualitas dan juga jahitan rapi, tidak panas (adem) hingga cocok digunakan oleh:

  • Siswa saat praktik SAINS atau IPA (baik SD, SLTP, SLTA, & Sekolah Kejuruan)
  • Mahasiswa saat praktikum di  laboratorium kimia, biologi, geografi, fisika, FKM, farmasi atau apoteker, kedokteran, Stikes, Akbid, analis kesehatan maupun fakultas kesehatan lainnya.
  • Pekerja pabrik farmasi (obat-obatan), pabrik kosmetik, pabrik susu, pabrik makanan, dsb.
  • Seragam pekerja waralaba berbagai produk makanan atau minuman.

Untuk pemesanan:

Hubungi kami melalui whatsapp di 0822-4141-2792 untuk informasi dan pemesanan:

  • Deal harga, model, logo, jumlah pesanan serta ukuran (untuk kisaran ongkos kirim kami infokan pada awal pemesanan). Desain logo bisa dikirimkan lewat whatsapp 0822-4141-2792
  • Untuk tanda jadi atau Dp minimal sebesar 30%.
  • Pengejaan baru akan dilakukan setelah DP masuk dan mengikuti antrian pesanan masuk.
  • Pesanan kami kerjakan hingga selesai, setelah itu foto akan dikirimkan sebagai konfirmasi. Untuk waktu pengerjaan bervariasi, tergantung banyaknya antrian dan model yang dipesan. Pada bulan-bulan penuh (seperti awal tahun ajaran), pengerjaan biasanya memakan waktu lebih lama.
  • Setelah transfer pelunasan & ongkos kirim, barang kami kirimkan.

Pengiriman barang dapat menggunakan kargo (bisa sampai alamat atau door dan asmpai bandara atau port), melalui indahkargo, pahala, warna, ESL, Hexa, Armindo, Pos, JNE, Tiki, J&T, dll. Kami akan carikan biaya ongkir yang ekonomis namun terpercaya. Pengiriman juga bisa melalui kereta api atau melalui kapal laut.

Barang pesanan Anda dikemas dengan rapi. Cek foto pengemasan barang kami:

Hubungi kami melalui Whatsapp 0822-4141-2792 untuk informasi dan pemesanan atau silakan menuju kehalaman utama Grosir Jas Lab


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar