grosir jas lab - konveksi jas lab

Kenapa biologi disebut ilmu hayat

Biologi adalah salah satu cabang ilmu sains disamping matematika, fisika, kimia dan ilmu sains lainnya. Kenapa Biologi ini disebut ilmu hayat? Kita akan bahas mendalam di dalam postingan kali ini.

Jangan lupa juga share artikel ini kepada teman-teman kamu. Mungkin mereka membutuhkan. Dan jika kamu membutuhkan jas laboratorium dalam jumlah besar (grosir) ataupun satuan, silakan menuju halaman: Grosir jas laboratorium.

Kenapa biologi disebut ilmu hayat

Biologi berasal dari bahasa Latin, Bios dan Logos. Bios berarti hidup dan logos berarti ilmu. Jadi Biologi adalah ilmu tentang kehidupan.

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Biologi disebut juga dengan Ilmu hayat, dimana hayat artinya adalah hidup dalam bahasa Arab. Dan benar dulu Biologi memang disebut ilmu hayat.

Cabang ilmu Biologi

Biologi adalah ilmu yang mempelajari kehidupan. Ada banyak cabang ilmu ini, mulai dari:

jual jas lab
grosir jas lab - konveksi jas lab
  • Botani

    Botani adalah cabang ilmu Biologi yang mempelajari tentang tumbuhan, dari jenis, struktur, klasifikasi dan penyebarannya. Ilmu ini sangat berguna dalam bidang pertanian loh.

  • Virologi

    Virologi adalah cabang Biologi yang mempelajari tentang virus. Sangat penting, terutama saat masa pandemi. Ilmu ini mempelajari tentang struktur, cara hidup dan kegunaan virus serta cara menanggulanginya.

  • Bakteriologi

    Mirip dengan virologi namun yang dipalajari di sini objeknya adalah bakteri. Bakteripun dapat berguna bagi kehidupan manusia, dan ini dipelajari di dalam cabang ilmu ini.

  • Mikologi

    Mempelajari tentang jamur. Bukan hanya jamur budidaya tetapi keseluruhan jamur, baik yang berbahaya bagi kehidupan atau yang bermanfaat. Salah satu contoh jamur yang bermanfaat adalah dalam fermentasi.

  • Ornitologi

    Cabang ilmu yang mempelajari tentang burung. Mempelajari mulai dari struktur, klasifikasi dan kehidupan burung.

  • Entomoogi

    Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang serangga. Serangga ini banyak sekali jenisnya, dan Entomologi mempelajari banyak hal tentang serangga ini.

  • Mamologi

    Sesuai namanya, cabang biologi ini mempelajari tentang mamalia atau hewan menyusui. Mulai dari cara hidup, sistem tubuhnya hingga populasinya. Banyak yang dipelajari di sini.

  • Genetika

    Cabang biologi ini mempelajari tentang pewarisan sifat melalui gen (DNA dan RNA). Mempelajari juga cara pewarisan sifat, rekayasa dan persilangan.

  • Sitologi

    Di dalam cabang biologi sitologi, kita akan mempeljari tentang sel yaitu strutur penysusun tubuh yang terkecil, baik dari sel tumbuhan, hewan dan manusia.

  • Histologi

    Histologi mempelajari tentang jaringan, yaitu kumpulan sel yang memiliki fungsi yang sama. Ada banyak sekali jenis jaringan, dari jaringan epitel, jaringan otot, jaringan syaraf, dan banyak jaringan lainnya. Jaringan makhluk hidup dipelajari di sini.

  • Anatomi

    Merupakan cabang ilmu yang berguna dalam kedokteran karena mempeljari tentang struktur tubuh dari makhluk hidup.

  • Morfologi

    Morfologi sangat dekat dengan anatomi. Jika anatomi mempelajari tentang struktur tubuh dalam makhluk hidup, maka morfologi mempelajari tentang struktur luar sesuai fungsinya.

  • Fisiologi

    Cabang ini mempelajari tentang fungsi tubuh makhsluk hidup, baik anatomi maupun morfologinya.

  • Ekologi

    Mempelajari tentang interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya atau dengan makhluk hidup lain didalam ekosistem.

  • Taksonomi

    Mempelajari pengklasifikasian dan pengelompokan makhluk hidup.

  • Evoluasi

    Membahas tentang perubahan prilaku dari makhluk hidup dari generasi ke generasi.

  • Mikrobiolgi

    Cabang ilmu biologi yang mempeljari makhluk hidup dalam ukuran yang mikro seperti bakteri, fungi, protozoa, dan lainnya.

  • Zoologi

    mempelajari tentang zoo atau hewan. Cabang ilmu ini mempelajari dari klasisfikasi, sifat, pengelompokan dan lain sebagainya.

Kesimpulan pengertian ilmu Biologi

Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Ada banyak cabang dari ilmu ini sesuai dengan fokus pembelajarannya, mulai dari mempelajari mikrobiolgi, virologi, bakteriologi hingga ekolgi, evolusi dan cabang ilmu lainnya.

Jika kamu ingin mengetahui tentang farmasi, baca postingan tentang farmasi belajar apa.

Mempelajari biologi itu menyenangkan. Terus belajar dengan baik.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar

jual jas lab
jual jas lab