grosir jas lab - konveksi jas lab

Arti Lambang Farmasi Gelas dan Ular

Secara singkat arti lambang farmasi gelas dan ular adalah filosofi dari bisa ular yang berbahaya dalam dosis tertentu dapat menjadi obat. Lambang ini erat kaitannya dengan mitologi Yunani tentang Hyegia (pemilik cawan) yang merupakan dewi kesehatan, kebersihan dan sanitasi.

Bagi sebagian orang logo atau lambang ini sedikit janggal, karena ular biasanya digambarkan sebagai makhluk yang berbahaya. Farmasi malah menggunakan ular sebagai lambangnya.. Bagaimana dengan cawannya?

Pada postingan kali ini kita akan bahas mendalam mengenai arti lambang farmasi.

Mengapa lambang farmasi adalah ular dan cawan?

Filosofi dari logo ini sangat mendalam. Kita semua tahu bahwa ular merupakan makhluk yang memiliki bisa yang berbahaya bagi makhluk yang terkena gigitannya. Namun, di tangan farmasis, bisa ular dapat diubah menjadi obat yang dapat menyembuhkan.

Untuk itu ada cawan. Farmasi dapat mengatur dosis yang tepat sehingga bisa yang tadinya racun dapat berubah menjadi obat.

jual jas lab
grosir jas lab - konveksi jas lab

Demikian juga dengan obat-obatan yang ada. Semua dapat menjadi racun atau menjadi zat yang berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dengan dosis tidak tepat.

Dalam sekali memang filosofi logo farmasi ini.

Hubungan Hyegia dan Kenapa Logo Farmasi Ular dan Cawan

menurut tulisan di thepharmacyexpert.com, logo atau lambang farmasi ini tidak bisa lepas dari sejarahnya.

Beberapa sumber mengatakan kalau logo cawan dan ular dikaitkan dengan lambang Saint John pada abad I (pertama) SM, yaitu dari sejarah Saint John diberi racun dengan menggunakan cawan atau piala.

Sumber lain mengatakan kalau cawan yang dililiti oleh ular adalah cawannya Hygeia.

Hygeia adalah anak dari Asclepius (Mitologi Yunani sebagai dewa pengobatan dan penyembuhan). Hygeia ini ialah dewi kesehatan, kebersihan dan sanitasi.

Sedangkan lambang ular adalah ular dari Epidaurus yang merupakan staf dari Asclepius.

Pendapat lain mengatakan kalau cawan Hygeia dan ular ialah simbol keseimbangan alam di muka bumi.

Bisa ular menggambarkan pasien bebas memilih untuk mengobati dirinya ataukah tidak. Menurut kepercayaan Yunani kuno juga ular yang melilit pada mangkuk menggambarkan kebijaksanaan dan kesembuhan.

Bermula dari mana pun, yang pasti cawan dililit ular ini mengandung makna pengobatan.

Dewa Zeus Takut Laki-Laki menjadi Abadi

Aesculapius ini (ayah dari Hygeia) adalah anak Apollo, putra Zeus. Jadi Aesculapius adalah cucunya Zeus. Dewa Zeus memiliki ketakutan kalau Aesculapius dengan kekuatan penyembuhannya akan membuat semua pria abadi. Zeus membunuh Aesculapius dengan petir.

Kuil pun akhirnya dibangun untuk Aesculapius. Di dalam Kuil terdapat ular-ular yang tidak berbahaya. Ular tersebut unik, tampak mati karena mereka kaku, namun saat didekati dan diganggu, mereka menjauh.

Orang-orang mengira ular dihidupkan tersebut kembali oleh kekuatan penyembuhan Aesculapius. Inilah yang menyebabkan ular dijadikan simbol penyembuhan.

Sedangkan Hygeia, putri dari Aesculapius dan dewi kesehatan, sering ke kuil yang berisi ular-ular ini. Hygeia dengan cawan dan ular di tangannya menjadi simbol farmasi yang diakui secara internasional.

Sejak Kapan Logo Farmasi Menggunakan Lambang Ular dan Cawan?

Banyak spekulasi mengatakan bahwa Bowl of Hygeia dipakai sebagai simbol apotek di Italia pada 1222. Mereka memakai lambang ini pada perayaan ulang tahun ke-700 berdirinya Universitas Padua.

Tetapi, tidak ada bukti yang dapat mendukung atau membuktikan klaim tersebut.

filosofi lambang farmasi

Bowl of Hygeia juga dikaitkan dengan apotek sejak tahun 1796 Masehi. Pada tahun tersebut, simbol ular dan cawan ini digunakan dalam koin yang dicetak untuk Masyarakat Farmasi di Paris.

Logo Farmasi Ada Banyak tidak hanya Ular dan Cawan saja

Ada beberapa simbol yang digunakan oleh farmasi, diantaranya ialah:

  • simbol lesung dan alu,
  • tanda Rx,
  • berbagai simbol alkimia,
  • simbol globe,
  • logo atau lambang silang hijau,
  • salamander,
  • Huruf “A” untuk apoteker (Apotheke), dan
  • Bowl of Hygeia (cawan dan ular).

Demikian sedikit informasi mengenai logo farmasi yang digunakan secara umum pada masa sekarang ini. Logo ini biasa ditemukan di logo-logo apotek atau logo-logo jurusan farmasi dan pabrik farmasi yang biasa diletakan di jas laboratorium.

Oh ya, jika kamu mencari grosir jas lab, silakan hubungi kami.

Share tulisan ini ke teman-teman farmasi dan apotekermu ya. Biar filosofi farmasi semakin melekat. 😀 dan semakin mengetahui dan sadar kenapa memilih farmasi.

Ikuti juga tulisan-tulisan di blog grosirjaslab.com serta hubungi kami jika ingin membeli jas laboratorium baik grosir maupun ecer.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar

jual jas lab
jual jas lab