grosir jas lab - konveksi jas lab

Apa Beda Chef dengan Koki

Apa beda chef dan koki? Secara singkat jawabannya adalah chef merupakan kepala juru masak dengan gelar dan pengalaman sedangkan koki adalah juru masak secara umum. Pendidikan chef didapatkan melalui pendidikan atau dengan dididik langsung oleh chef yang berpengalaman, sedangkan koki mendapatkan keahlian dari pengalaman.

Ada banyak hal lain yang membedakan 2 istilah ini. Kami jabarkan dengan jelas di bawah ini.

Beda Chef Sama Koki

Perbedaan antara koki dan chef cukup banyak, walaupun sekilas antara keduanya ini sama. Perbedaan itu antara lain dalam hal:

  1. Asal istilah (bahasa)
  2. Tingkatan
  3. Pendidikan
  4. Tanggung Jawab

Pertama adalah istilah atau bahasa

Istilah chef berasal dari bahasa Perancis “chef de cuisine” yang artinya adalah “kepala dapur”. Menurut Wikipedia, chef ialah juru masak profesional dan terlatih yang ahli dalam semua aspek pengolahan makanan. Biasanya chef ini fokus pada kuliner tertentu.

jual jas lab
grosir jas lab - konveksi jas lab

Chef bisa mendapat pendidikan dan pelatihan formal dari sebuah lembaga atau dengan dididik oleh chef berpengalaman.

Chef adalah jabatan tinggi di dapur walaupun tingkatan chef dibagi-bagi lagi.

Sedangkan koki, menurut wikipedia juga, adalah orang yang menyiapkan makanan untuk disantap. Jadi koki ini adalah istilah juru masak secara umum.

Tingkatan

Chef dibagi-bagi tingkatannya berdasarkan jabatan dan kemampuannya:

  1. chef manager atau kepala chef atau master chef:

    Yaitu orang yang bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang terkait dengan dapur. Mulai dari pembelian bahan, pembuatan menu masakan, manajemen staf di dapur, dan lain sebagainya.

    Jabatan juru masak tertinggi di hotel atau restoran.
  2. Under chef:

    Ini adalah wakilnya kepala chef. Paling memahami arahan dari chef dan terkadang menggantikan tugas chef saat tidak ada di tempat.

    Jumlah under chef ini bervariasi, kadang jumlahnya lebih dari satu orang (jika restorannya besar) tetapi kadang tidak dibutuhkan di tempat makan tertentu.
  3. Senior chef:

    Chef yang bertanggung jawab mengatur juru masak di bawahnya. Biasanya senior chef diberi tanggung jawab untuk hidangan tertentu. Misalkan senior chef yang khusus mengelola menu hidangan pembuka, dsb.
  4. Junior chef:

    Chef ini bekerja di bawah arahan senior chef. Biasanya yang baru lulusa atau masih dalam tahap pelatihan.

Sedangkan koki biasanya tidak memiliki tingkatan seperti chef. Tetapi koki pun bisa jadi memiliki keahlian yang lebih bagus daripada chef.

Istilah koki biasanya terikat dengan tempat dan jenis makanan tertentu. Misalkan si A adalah tukang masak di warung mie ayam Bu Susi. Jadi A ini adalah koki warung mie ayam Bu Susi.

Karena keahlian memasak mie ayamnya terus diasah selama tahunan. Jadi seluk beluk per-mie ayam-an dikuasai benar oleh si A ini. Bisa jauh lebih ahli daripada chef.

Pendidikan

Chef mendapatkan pendidikan dan pelatihannya di jurusan memasak atau pendidikan memasak yang dilalui selama 2 hingga 4 tahun. Pendidikan ini dilalui dengan teori dan praktik memasak sekaligus.

Chef juga bisa mendapatkan keahlian atau keterampilannya dengan ber”guru” kepada chef yang lebih ahli.

Sedangkan koki ini biasanya mendapatkan keahliannya dari pengalaman. Pengalaman memasak suatu masakan hingga berulang-ulang menjadikan koki ini ahli memasak. Terkadang koki ahli memasak berbagai masakan, tidak hanya 1 masakan saja.

Tanggung Jawab

Melihat tingkatan dalam chef, maka tanggung jawabnya juga besar, apalahi chef kepala. Kesalahan yang dibuat oleh tim dapurnya akan mengena kepada chef kepala ini.

Chef juga berperan terhadap menu di restoran atau menu hotel. Dia selalu meriset dan menemukan menu baru jika dibutuhkan, menjaga rasa dari menu masakan yang sudah ada, menjaga pasokan bahan baku segar dan tersedia, melatih chef di bawahnya, memanajemeni dapur dengan total.

Sedangkan koki bukan berarti bukan memiliki tanggung jawab. Masakan dari koki pun jika bermasalah maka koki tersebut akan bertanggung jawab juga. Karena koki ini biasanya bekerja sendiri atau dengan tim yang tidak besar, maka pendelegasian tanggung jawabnya tidak sekompleks chef.

Kesimpulan Perbedaan Koki dengan Chef

Kedua istilah ini berbeda. Chef mendapatkan gelar dari pendidikan teori atau praktik dengan chef ahli sedangkan koki mendapatkan gelar dari pengakuan.

Tetapi Koki ini tidak selalu berada di bawah chef. Banyak juga koki rumahan atau pun koki amatir yang mempunyai keterampilan melebihi chef, walaupun tanpa pendidikan formal dan gelar.

Setiap koki atau chef menggunakan seragam sebagai simbolnya. Cek di sini untuk tempat beli seragam koki yang berkualitas.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar

jual jas lab
jual jas lab