grosir jas lab - konveksi jas lab

Konveksi atau Konfeksi – Penjelasan Lengkap

Banyak yang salah kira antara konveksi atau konfeksi yang benar. Kalau menurut KBBI, konfeksi adalah industri pakaian dan sebagainya (bisa berupa tas atau yang lain) yang dibuat secara massal kemudian dijual dalam keadaan jadi, tidak diukur menurut pesanan, tetapi menurut ukuran (pola) yang sudah ditentukan.

Berbeda dengan konveksi. Konveksi adalah peristiwa pergerakan benda cair atau benda gas yang diakibatkan perbedaan suhu dan tekanan.

Jadi jika kamu menanyakan tentang konveksi/konfeksi yang ada kaitannya dengan pembuat pakaian, maka jawaban yang benar adalah konfeksi.

Konfeksi Pakaian Adalah

Setelah mengetahui jika konfeksi itu hubungannya dengan pakaian sedangkan konveksi erat kaitannya dengan perpindahan suhu atau kalor, maka kita perlu tahu apa penjelasan mengenai konfeksi pakaian itu.

jual jas lab
grosir jas lab - konveksi jas lab

Konfeksi pakaian adalah industri (biasanya skala rumah tangga) yang memproduksi pakaian dalam jumlah cukup besar (tidak satuan). Pakaian yang diproduksi biasanya berupa bahan setengah jadi yang dibuat menjadi bahan jadi atau pakaian.

Pakaian yang diproduksi bisa berupa: kaos, celana, kemeja, jaket, jas laboratorium, almamater dan pakaian lainnya. Selain pakaian yang umum digunakan, konfeksi juga biasanya dapat membuat: jilbab, mukena, sajadah, tas, dan lain sebagainya.

Pengerjaannya relatif tidak rumit. Membuat bahan kain yang dipotong mengikuti pola tertentu kemudian dijahit mengikuti model atau desain dari pemesan.

Beda konfeksi dengan penjahit dan garmen

Beda konfeksi, penjahit dan garmen adalah dalam hal skalanya. Secara umum sebagai berikut:

PerbedaanPenjahitKonfeksiGarmen
Skala ProduksiUmumnya melayani satuanJumlah besar dan umumnya tidak melayani satuanSkala besar dengan jumlah produksi ratusan hingga ribuan
ProsesPakaian diukur sesuai dengan ukuran pemesan. Model menyesuaikan dengan keinginan pemesan.Menggunakan ukuran tertentu dengan model menyesuaikan dengan keinginan pemesan.Sudah ada ukuran pastinya. Dipotong secara massal dan dijahit secara massal juga. Satu model dibuat secara massal.

Konfeksi Skala Rumahan

Konfeksi biasanya merupakan industri skala rumah tangga dengan jumlah pekerja di bawah 10. Biasanya tugas dibagi-bagi antara bagian pemolaan (potong kain), bagian penjahitan dan bagian finishing sekaligus quality control.

Walaupun skala rumah tangga, konfeksi yang berpengalaman tidak jarang menghasilkan produk yang berkualitas prima. Kita konveksi contohnya yang merupakan grosir jas lab selama tahunan dan dipercaya oleh berbagai kampus, sekolah dan pabrik, selalu mengutamakan kualitas jahitan dan pelayanan.

Konfeksi memberlakukan minimal order. Tujuannya adalah agar pengerjaan dilakukan sekaligus dan menghemat waktu, tenaga potong dan tenaga jahit.

Sentra Konveksi atau Konfeksi

Karena skalanya yang berupa industri rumah tangga, biasanya konfeksi bekerja dengan warga sekitar sebagai tenaga jahitnya. Ini dilakukan untuk memperbesar skala produksi.

Warga sekitar dididik dan dilatih menjahit dengan kualitas terstandar kemudian konfeksi mengelola penjahit dari warga sekitar tersebut.

Lambat laun terbentuklah sentra konfeksi di suatu daerah.

Ada banyak sentra konfeksi yang tersebar di seluruh Indonesia. Masing-masing sentra mempunyai fokus produksinya masing-masing. Contohnya sebagai berikut:

  1. Sentra konfeksi Pekalongan, memproduksi batik
  2. Sentra konfeksi Bandung, memproduksi kaos, sepatu, dan tas
  3. Sentra konfeksi Jepara, memproduksi pakaian muslim seperti gamis, dan lainnya
  4. Sentra konfeksi klaten, memproduksi kaos dan seragam olahraga serta seragam lain seperti yang kami kerjakan. Misal jas lab, jas almamater, baju koki, dan seragam lainnya.

Masih banyak sentra-sentra lain seperti Salatiga, Godean Jogja, Tulung Agung, Surabaya, dan sentra-sentra konfeksi yang lain.

Memilih Konveksi atau Konfeksi yang Baik

Ada tips dalam memilih konfeksi di sentra konfeksi agar mendapatkan hasil terbaik. Tips tersebut antara lain (Alhamdulillah konfeksi kami memenuhi tips-tips di bawah ini):

sentra konveksi jas lab - beda konfeksi dan konveksi
  • Pilih konfeksi yang pioneer atau yang merupakan pertama di sentra tersebut.
  • Pilih konfeksi yang berpengalaman hingga puluhan tahun.
  • Manajemen yang lebih baik.
  • Dipercaya banyak sekolah, kampus dan perusahaan.
  • Mampu memproduksi pakaian berkualitas dan dapat menyesuaikan dengan pesanan.
  • Menggunakan bordir komputer sehingga lebih rapi.
  • Menggunakan mesin itik-itik sendiri.
  • Testimoni yang baik dan banyak.
  • Siap kirim ke seluruh Indonesia.

Selalu pilihlah konfeksi yang mendapatkan repat order atau pelanggan yang memesan pakaian setiap tahunnya. Cek testimoni kami di halaman home website ini.

Kenapa Kami Menggunaakan Kata Konveksi dan bukan Konfeksi untuk nama konfeksi kami?

Bingung ya baca tulisan di atas terlalu banyak kata konveksi dan konfeksinya? Hehehe

Alasan kenapa kami menggunakan kata konveksi untuk usaha kami adalah karena kata konveksi ini sudah melekat di telinga masyarakat dengan industri pakaian.

Selain melekat di telinga, konveksi juga melekat pada mesin pencari google. Jadi agar mudah ditemukan saat kamu mencari di google, maka kami menggunakan kata “konveksi” daripada “konfeksi”

Conclusion

Kesimpulannya bahwa konfeksi dan konveksi itu berbeda. Konfeksi erat kaitannya dengan industri pakaian dalam jumlah besar yang mengubah bahan setengah jadi menjadi bahan jadi.

Sedangkan konveksi terkait dengan perpindahan panas atau kalor dari suatu tempat ke tempat lain.

Semoga tulisan ini dapat membantu. Jangan lupa share kepada teman-teman kamu. Mungkin mereka membutuhkan.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar

jual jas lab
jual jas lab