grosir jas lab - konveksi jas lab

Jawaban Soal dari Kenapa Makhluk Hidup Bernapas?

Kenapa makhluk hidup bernapas? adalah pertanyaan yang sering ditanyakan di soal Biologi. Saya cek di google dan salah satu website tanya jawab dari penulis bebas (artinya siapa saja bisa menjawab) tapi jawabannya lucu-lucu, kadang aneh dan kurang lengkap.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengani mengapa makhluk hidup perlu bernapas?

Buat yang mau langsung copy paste jawaban, silakan menuju kebagian kesimpulan kenapa makhluk hidup bernapas pada bagian bawah artikel ini.

Kenapa makhluk hidup perlu bernapas?

Makhluk hidup, salah satunya manusia, perlu bernaas. Tanpa bernapas, manusia pasti akan mati hanya dalam hitungan menit karena sel dan jaringan tubuh tidak memperoleh energi untuk hidup dan beraktivitas.

Jadi sebenarnya pernapasan bukan hanya aktivitas pemasukan (pengambilan) dan pengeluaran udara yang dilakukan oleh hidung saja tetapi lebih dalam lagi yaitu untuk memasukan oksigen hingga ke dalam sel atau jaringan.

jual jas lab
grosir jas lab - konveksi jas lab

Setiap sel dan jaringan tubuh memerlukan oksigen, tanpa oksigen maka sel tersebut mati.

Pertukaran gas terjadi di dua tempat, yaitu di paru-paru (pernapasan eksternal) dan jaringan tubuh (pernapasan internal). Baca sampai selesai supaya kamu mengerti ya.

Apa yang dimaksud Pernapasan eksternal?

Pernapasan eksternal adalah pertukaran gas dari luar tubuh menuju ke dalam paru-paru. Di dalam paru-paru masuk pada bagian alveolus atau bagian paling ujung dari paru-paru kemudian oksigen berdifusi ke dalam darah.

Oksigen berikatan dengan protein di dalam darah bernama hemoglobin membentuk oksihemoglobin. Oksigen dalam bentuk oksihemoglobin inilah yang beredar ke seluruh tubuh hingga ke bagian sel mengikuti aliran darah.

Dari sini bisa dipahami ya, kalau seluruh sel tubuh kita sebenarnya memerlukan oksigen. Oksigen diangkut bersamaan dengan darah merah dengan membentuk senyawa oksihemoglobin.

Struktur kimianya adalah HbO2.

Karbon dioksida hasil dari aktivitas di dalam sel juga diangkut keluar tubuh mengikuti aliran darah. Ini adalah darah yang kaya karbon dioksida. Darah ini dibawa ke paru-paru yang kemudian dikeluarkan pada saat kita menghembuskan napas.

Apa yang dimaksud pernapasan Internal?

Pernapasan internal adalah pernapasan yang terjadi di bagian sel atau jaringan tubuh. Pada saat oksigen diangkut bersamaan dengan darah ke sluruh tubuh melalui saluran kapiler, oksigen akan dilepaskan oleh oksihemoglobin.

Sehingga oksigen ini berada di dalam sel tubuh manusia.

Oksigen digunakan oleh sel untuk “memasak”. Oksigen sangat diperlukan oleh sel untuk mengubah glukosa menjadi energi. Energi ini dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti aktivitas fisik, penyerapan makanan, membangun kekebalan tubuh, pemulihan kondisi tubuh, juga penghancuran beberapa racun sisa metabolisme.

Inilah yang dimaksud dengan pernapasan internal.

Sisa dari memasak adalah karbon dioksida yang diangkut kembali oleh darah menuju paru-paru untuk dibuang atau dikeluarkan dari tubuh.

Kesimpulan Mengapa Makhluk Hidup Harus Bernapas?

Yang butuh jawaban untuk di copy paste, silakan ambil pada bagian ini.

Kenapa makhluk hidup bernapas adalah untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Bernapas adalah proses memasukan oksigen dari lingkungan luar menuju ke dalam paru-paru kemudian dari paru-paru menuju sel dan jaringan tubuh mengikuti aliran darah dengan berikatan dengan hemoglobin.

Oksigen diangkut oleh darah hingga sel dan jaringan. Oksigen ini digunakan untuk aktivitas selular seperti mengubah glukosa menjadi energi. Energi ini dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti aktivitas fisik sel, menyerap makanan, membangun kekebalan tubuh, pemulihan kondisi tubuh, juga penghancuran beberapa racun sisa metabolisme.

Semoga penjelasan ini bisa membantu kamu untuk lebih memahami mengenai sistem pernapasan. Mengenai saluran pernapasa apa saja dapat kamu baca di postingan kami saluran pernapasan manusia.

Untuk yang membutuhkan jas lab silakan menuju jual jas lab.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar

jual jas lab
jual jas lab