Syarat jas lab yang baik

Jas laboratoirium yang merupakan pakaian wajib saat berada di dalam lab, tentu harus memiliki persyaratan. Apa saja syarat jas lab yang baik, akan kita bahas pada postingan kali ini.

Secara singkat, melihat fungsi jas lab yang merupakan singkatan dari jas laboratorium adalah sebagai Alat Proteksi Diri (APD) yang berfungsi untuk melindungi penggunanya. Sehingga syarat jas lab yang baik adalah harus dapat melindungi pemakainya dari zat yang berbahaya.

Dalam postingan artikel grosir jas laboratorium ini, akan kita bahas mengenai apa syarat jas lab yang baik. fungsi jas laboratorium dan berbagai informasi lainnya. Baca artikel ini sampai selesai ya. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda, jika memberikan manfaat.

Syarat jas lab yang baik

Persyaratan jas lab yang baik antara lain:

  1. Bahannya nyaman dipakai

    Jas lab biasanya menggunakan bahan-bahan yang nyaman dipakai. Karena digunakan sebagai pakaian luaran, jas lab ini harusnya adem saat dipakai namun dapat memberikan proteksi.

     

    Bahan yang biasa digunakan biasanya ada 2, yaitu bahan oxford atau bahan drill. Bahan oxford adalah bahan standar yang digunakan untuk kebutuhan laboratorium umum, seperti saat mahasiswa praktikum atau kebutuhan pabrik. Bahan ini terbuat dari campuran poliester dan katun, sehingga adem dan tidak mudah kusut.

    Bahan kedua adalah drill. Karena terbuat dari katun 100%, bahan ini lebih adem dari oxford tetapi sangat tebal. Biasanya digunakan oleh kepala laboratorium, suvervisor atau oleh kepala pabrik dan tamu di pabrik.

    Lebih bagus mana antara bahan oxford dan bahan drill?

    Masing-masing bahan mempunyai kelebihannya masing-masing. Bahan oxford adalah bahan yang standar yang digunakan untuk kebutuhan laboratorium umum seperti yang digunakan di laboratorium jurusan farmasi, biologi, kimia, fisika, kedokteran, gizi, dll. Kain ini adalah campuran katun dan poliester sehingga tidak terlalu panas dan tidak mudah kusut.

    Sedangkan drill merupakan kain yang biasa dipakai oleh para kepala pabrik, suvervisor atau para tamu ke laboratroium. Bahan ini terbuat dari katun sehingga lebih tebal akan tetapi tetap adem. Tidak sedikit juga laboratorium untuk kebutuhan umum menggunakan jas lab drill untuk kebutuhan labnya.

    Secara harga, tentunya jas lab dengan bahan oxford jauh lebih terjangkau dengan kualitas yang cukup baik. Bahan oxford yang dipilih sebaiknya bahan oxford yang tebal dan tidak mudah kusut. Kami menggunakan bahan oxford yang berkualitas. Kami pun juga melayani pemesanan bahan drill, baik japan drill maupun american drill.

    Selain dari bahan, warna jas lab biasanya berwarna putih pun memiliki fungsi tertentu. Yaitu agar bercak atau percikan dari bahan kimia yang berwarna dapat segera terlihat. Lihat juga tulisan kami mengenai kenapa jas lab berwarna putih.

  2. Model

    Model pun menentukan syarat jas lab yang baik. Standarnya jas lab memiliki model atau desain sebagai berikut:

     

    • Jumlah kantong jas lab sebanyak 3 buah. Satu buah kantong pada bagian dada kiri dan dua buah kantong pada bagian bawah.
    • Panjang jas lab umumnya lebih panjang daripada kemeja biasa. Biasanya panjangnya hingga ke bagian paha, meskipun beberapa pesanan menghendaki panjang hingga ke lutut atau betis.
    • Aksesoris kain tambahan pada pinggang bagian belakang.
    • Biasanya ditambahkan logo kampus, logo sekolah atau logo perusahaan di bagian kantong. Logo kadang disablon atau dibordir.
  3. Ukuran jas lab harus sesuai

    Memilih jas lab yang sesuai dengan ukuran tubuh adalah penting. Jas lab yang terlalu sempit hingga membuat susah bergerak tentu akan menyusahkan laborat untuk bekerja.

     

    Sebaliknya, jas lab yang terlalu longgar juga dapat membuatnya tersangkut pada peralatan percobaan atau praktik.

    Pilihlah jas lab sesuai ukuran tubuh.

Demikian postingan kami mengenai syarat jas laboratorium. Hubungi kami melalui whatsapp 0822-4141-2792 untuk informasi lebih lanjut atau untuk pemesanan grosir jas lab grosirjaslab.com secara grosir atau satuan.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Satu pemikiran pada “Syarat jas lab yang baik”

Tinggalkan komentar

Exit mobile version