Saluran Pernapasan Manusia Bagian Atas dan Bawah

Apa saja yang termasuk saluran pernapasan manusia? Apa pernapasan bagian atas dan bagian bawah? Akan kita bahas pada postingan kali ini.

Silakan share postingan ini kepada teman kamu, mungkin mereka butuh. Jika kamu butuh jas laboratorium atau jas praktikum, silakan menuju halaman: grosir jas lab.

Saluran pernapasan manusia

Apa saja yang termasuk saluran pernapasan manusia? Saluran pernapasan pada manusia terdiri dari:

Saluran pernapasan manusia terdiri dari 7 bagian, antara lain:

  1. rongga hidung
  2. faring
  3. laring
  4. trakea
  5. bronkus
  6. bronkiolus, dan
  7. alveolus.

Gambar saluran pernapasan dapat dilihat pada gambar di atas.

Fungsi dari saluran pernapasan manusia

Saluran pernapasan manusia terdiri atas:

  1. Rongga Hidung

    Rongga hidung berupa saluran pernapasan yang pertama kali oleh udara. Di dalam rongga hidung ini terdapat rambut-rambut hidung, mukus (atau seperti cairan kental), dan indera pembau.

    Fungsi dari rongga hidung adalah untuk menyaring, menghangatkan, dan melembabkan udara sebelum masuk ke faring.
  2. Faring

    Faring adalah daerah pertemuan saluran pernapasan dengan saluran pencernaan. Di dalam faring ini ada katup penutup rongga hidung (disebut uvula atau anak tekak).

    Fungsi dari faring adalah menyalurkan udara ke saluran setelahnya.
  3. Laring

    Laring ialah pangkal batang dari tenggorokan yang terdiri atas tulang rawan yang membentuk jakun. Pangkal tenggorok dapat ditutup oleh katup pangkal tenggorok.

    Pada pangkal tenggorok ini terdapat pita suara. Karena terdapat pita suara, laring berfungsi menghasilkan bunyi atau suara.
  4. Trakea

    Trakea atau batang tenggorokan ialah saluran pernapasan berbentuk pipa. Trakea terdiri atas tulang rawan sepanjang kurang lebih 10 cm yang dilengkapi oleh lapisan epiteli bersilia. Epitel ini mengeluarkan lendir.

    Epitel bersilia memiliki fungsi menangkap benda asing yang masuk bersama udara pernapasan. Benda asing tadi dibungkus dengan lendir, kemudian dikembalikan ke saluran pernapasan di bagian atasnya.
  5. Bronkus

    Bronkus ialah percabangan dari trakea. Memiliki fungsi menyalurkan udara ke alveolus. Strukturnya mirip dengan trakea namun jaringan tulang rawannya hanya berbentuk setengah lingkaran. Berbeda dengan trakea yang berbentuk cincin.
  6. Bronkiolus

    Bronkiolus memiliki struktur yang sama dengan struktur bronkus, namun epitel mengalami modifikasi menjadi bentuk sisik.
  7. Alveolus

    Alveolus adalah ujung dari saluran pernapasan. Terdiri dari epitel skuamosa sederhana. Alveolus memiliki bentuk gelembung-gelembung yang mempunyai dinding tipis, selalu lembab, dan banyak mengandung kapiler darah.

    Alveolus ini memiliki fungsi untuk tempat terjadinya difusi Oksigen (O2) dan Karbondioksida (CO2) melalui kapiler darah.

Kesimpulan saluran pernapasan

Saluran pernapasan manusia terdiri dari 7 bagian, antara lain:

  1. rongga hidung
  2. faring
  3. laring
  4. trakea
  5. bronkus
  6. bronkiolus, dan
  7. alveolus.

Semoga tulisan ini dapat membantu kamu memahami lebih jauh tentang saluran pernapasan. Baca tulisan kami yang lain dan jangan lupa jika kamu membutuhkan jas lab dapat menuju homepage website ini.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar

Exit mobile version