Kenapa Perlu Belajar Biologi

Ada banyak alasan kenapa perlu belajar biologi. Mulai dari biologi penting dalam kehidupan sehari-hari hingga kesenangan atau hobi melakukan praktik. Secara detail mengenai alasan kenapa belajar biologi akan kita bahas di dalam artikel ini.

Silakan baca sampai selesai. Share ke teman-teman kamu jika perlu dan jika kamu membutuhkan jas laboratorium, silakan hubungi kami di halaman utama.

Kenapa Pilih Kuliah Biologi?

Berikut adalah 4 alasan kenapa pilih kuliah biologi:

  1. Memilih biologi karena sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita dan memiliki manfaat seperti: mengetahui struktur tubuh kita, mengetahui mengenai penyakit dan bagaimana cara mengatasinya, dan lain-lain.
  2. Biologi menyenangkan, terutama untuk penyuka kehidupan alam. Mulai dari tumbuhan, hewan, manusia, bahkan virus dan bakteri dipelajari di sini.
  3. Menyalurkan hobi meneliti. Mulai dari meneliti menggunakan mikroskope hingga penelitian di alam terbuka.
  4. Prospek kerjanya luas seperti menjadi peneliti, pendidik maupun swasta atau wiraswasta.

Prospek Kerja Jurusan Biologi

Prospek kerja jurusan biologi cukup besar. Misalnya:

  1. Menjadi pengajar biologi (guru atau dosen)

    Bisa menjadi CPNS pengajar biologi, mengajar di sekolah, kampus hingga di bimbel. Untuk menjadi pengajar, biasanya masuknya di jurusan biologi pendidikan.
    Untuk menjadi dosen, butuh pendidikan S2 atau S3.
  2. Teknisi laboratroium

    Bertugas menyiapkan bahan dan mengecek alat-alat lab secara berkala.
  3. Ilmuan

    Kamu bisa menjadi ilmuan atau bekerja di lembaga negara atau swasta. Lulusan bisa menjadi peneliti di laboratorium atau peneliti di lapangan.
  4. Wirausaha

    Bisa membuka lapangan pekerjaan misalkan menjadi usaha perikanan, bunga, atau fotografer biologi.
  5. Instansi pemerintahan

    Misalkan di BPOM, LIPI, BLH. Untuk mereka lulusan biologi masih di butuhkan di lembaga ini.

Jurusan Biologi dan Cabang Ilmu Biologi

Ada 2 jurusan di kampus di Indonesia terkait biologi, antara lain biologi murni dan biologi pendidikan. Untuk Biologi pendidikan dididik untuk dapat menjadi pengajar seperti guru atau dosen di sekolah dan kampus.

Biologi murni sendiri memiliki cabang ilmu biologi yang sangat luas dan masing-masing memiliki fokus sendiri. Antara lain:

  1. Biologi genetika
  2. Sitologi
  3. Histologi
  4. Anatomi
  5. Morfologi
  6. Fisiologi
  7. Ekologi
  8. Taksonomi
  9. Evolusi
  10. Mikrobiologi
  11. Zoologi
  12. Botani
  13. Virologi
  14. Bakteriologi
  15. Mikologi
  16. Ornitologi
  17. Entomologi
  18. Mamologi

Setiap cabang ilmu biologi membahas secara lebih mendalam. Misalkan mamologi, mempelajari lebih mendalam tentang mamalia, mulai dari sistem tubuh (sisten syaraf, sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem imunitas, sistem reproduksi, dll), anatomi, fisiologi dan morfologinya.

Kesimpulan Kenapa Perlu Belajar Biologi

Memilih jurusan kuliah adalah kunci yang kriusial dalam jalan hidup masing-masing. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan keinginan dan prospek masa depan. Jurusan Biologi merupakan salah satu jurusan yang cocok untuk mereka yang memiliki hobi meneliti dan menyukai alam (nature). Prospek kerjanya juga luas, dari pengajar hingga peneliti.

Kamu juga bisa berkunjung ke halaman kami yang lain: jaslab.siterubix.com/

Untuk Kuliah di Biologi juga dekat dengan jas lab. Jika kamu butuh grosir jas lab, silakan hubungi kami.


admin

Ahmad, S.Far., Apt. Adalah author (penulis) dari setiap postingan blog di website ini. Merupakan lulusan jurusan farmasi sehingga sudah menguasai seluk beluk jas laboratorium dan seluk beluk kefarmasian. Mulai tahun 2012 fokus dalam usaha konveksi dengan salah satu produk adalah jas laboratorium.

Tinggalkan komentar

Exit mobile version